Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Komponen-komponen Utama Komputer beserta Fungsinya

Komponen-Komponen utama komputer 

Dalam sistem komputer ada tiga komponen penting yang perlu diketahui yaitu hardware, software dan brainware. Ketiga bagian ini adalah hal yang paling wajib diketahui setiap orang sebelum mengenal lebih dalam mengenai Dunia komputer. Bagi sebagian orang masih belum paham mengenai dasar komputer ini dan bertanya Apa itu Hardware, Software dan Brainware? Untuk itu mari kita pahami seputar Dasar komputer. 

1. Hardware (Perangkat Keras)
Hardware merupakan perangkat keras yang memiliki wujud fisik yang dapat dilihat dan dapat diraba atau disentuh. Hardware (perangkat keras) memiliki peran utama dalam pengoperasian sistem komputer. Hardware pada komputer dibagi menjadi empat bagian yaitu input device, output device, processing device dan storage device. 

A. Input Device (perangkat masukan) 

Input device atau perangkat masukan fungsinya sebagai alat untuk memasukan berbagai data dan juga perintah pada komputer. Sebuah data atau instruksi harus di input terlebih dahulu sebelum diolah menjadi informasi yang diinginkan.Data yang telah diinput akan dikonversi menjadi kode binary sehingga dapat dibaca oleh memori utama.
Contoh: keyboard, mouse, webcam dan juga scanner.  

B. Processing Device (Perangkat Proses)

Processing device merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengolah berbagai data yang berasal dari input device. 
Data yang dimasukan melalui input device selanjutnya akan diolah melalui processing device. Contoh: CPU (Central Processing Unit). CPU bertugas sebagai perangkat yang mengatur semua perangkat internal dan eksternal di komputer.

C. Output Device (Perangkat Keluaran)

Output device merupakan perangkat yang memberikan dan mengeluarkan hasil dari data yang masuk dan telah diproses. Informasi yang didapat dari pemrosesan sistem komputer ini seperti gambar, suara dan video.
Contoh: monitor, printer, headphone, speaker, webcam dan mikrofon.

D. Storage Device (Perangkat Penyimpanan)

Perangkat penyimpanan atau storage device merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan berbagai data yang akan disimpan. Storage device terdiri dari dua macam yaitu internal storage dan eksternal storage. Contoh internal storage berupa harddisk dan RAM. Sedangkan external storage berupa harddisk eksternal, CD, DVD dan flashdisk.

2. Software (Perangkat Lunak)
Software merupakan perangkat lunak pada komputer berupa program atau aplikasi untuk menjalankan berbagai instruksi atau perintah komputer. Software dibagi menjadi tiga yaitu software sistem, software aplikasi dan software tambahan.
Software Sistem bertugas mengatur komponen pada komputer secara menyeluruh. Contoh: Windows Xp, Windows 2000, Windows 7, Linux, IOS. Software aplikasi bertugas sebagai sarana pengolahan data. Contoh: web browser, software office, game dan lain-lain. Software tambahan bertugas khusus sebagai tambahan untuk melindungi hardware. Contoh: Data recovery, Disk Defragmenter, Sceensever, Backup, dan lain-lain.

3. Brainware
Brainware merupakan orang yang bertugas sebagai pengguna atau manusia yang menggunakan kegiatan komputer. Brainware sangat penting karena komputer tidak dapat bermanfaat jika tidak dioperasikan oleh manusia. 
Contoh brainware adalah seorang programmer, sistem analis, operator, administrator dan orang-orang yang memanfaatkan komputer.


Komponen-komponen yang terdapat dalam komputer 

1. Motherboard
Motherboard atau biasa disebut dengan Mainboard adalah Papan Sirkuit Cetak (Printed Circuit Board) yang menjadi papan utama sebagai tempat komponen-komponen komputer agar bisa saling berinteraksi. Tempat meletakkan berbagai komponen seperti processor, memory, cahche, video card, sound card, lan card dan lain-lain. 

2. Processor (otak komputer)
Processor merupakan otak dari sebuah komputer atau biasa disebut sebagai CPU (Central Processing Unit). Processor adalah salah satu perangkat keras dari komputer yang digunakan untuk menangani instruksi yang diberikan dan mengatur segala aktivitas jalannya program yang terdapat dalam komputer.
Contoh ketika menekan Alt+F4 maka otomatis akan menutup program yang sedang dibuka. Yang mengatur instruksi tersebut adalah CPU sebagai komponen utama. CPU memiliki fungsi penting menerima instruksi yang diberikan, mengolah instruksi, dan kemudian mengeksekusi instruksi tersebut.

3. Heatsink (kipas pendingin)
Heatsink atau kipas pendingin merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki bentuk fisik seperti kipas. Heatsink berfungi sama dengan kipas yaitu memberikan suhu dingin pada processor agar kinerja dari processor tetap stabil dan suhu panas yang dimiliki processor dapat dibuang melalui heatsink.

4. RAM (Random Access Memory)
RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu jenis perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan. RAM berfungi sebagai media penyimpanan sementara dan hanya dapat diakses ketika komputer dinyalakan. Bentuk RAM dalam sebuah komputer seperti chip. Chip tersebut dapat ditambahkan jika terdapat slot RAM dalam motherboard.

5. Hard Disk 
Hard Disk merupakan salah satu perangkat keras komputer yang juga digunakan sebagai media penyimpanan. Hard Disk berbeda dengan RAM karena media penyimpanan Hard Disk bersifat permanent pada perangkat komputer. Hard Disk dapat menyimpan data, seperti program, dokumen, gambar, audio atau video secara permanen dalam komputer. 

6. VGA Card (GPU)
VGA Card (Virtual Graphic Array) merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengolah dan menerjemah output ke dalam monitor. VGA Card biasa disebut juga sebagai Video Graphic Adapter. Fungsi utama dari VGA Card adalah mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi sinyal analog berupa tampilan grafik pada monitor. Komputer yang tidak memiliki VGA Card biasanya tampilan layar menjadi kurang bagus. Contoh VGA Card, diantaranya NVidia, 3DFX, S3, ATi Matrox, SiS, Cirrus Logic, Tseng, Trident dan lainnya.

7. Flashdisk
Flashdisk atau disebut juga USB Drive merupakan suatu media penyimpanan dalam komputer yang bersifat non-volatile, yang berarti data tidak akan hilang walaupun tidak terdapat aliran listrik di dalamnya. Flashdisk terhubung ke komputer melalui port USB yang terletak dalam motherboard. Flashdisk lebih mudah dan praktis digunakan juga memiliki bermacam-macam ukuran mulai dari 2 GB, 3 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB dan 32 GB. 

8. Monitor
Monitor merupakan jenis perangkat keras (hardware) yang berperan sebagai komponen keluaran (output) yang disebut juga sebagai layar komputer. Monitor digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data kedalam bentuk grafis atau gambar. Perangkat ini memiliki fungsi yang sangat penting karena tanpa adanya monitor maka perangkat komputer lainnya tidak dapat diamati secara langsung. Contoh jenis monitor yaitu CRT (Cathode Ray Tube), LCD (Liquid Crystal Display), LED (Light Emitting Diode), dan monitor Plasma.

9. Keyboard (papan sirkuit)
Keyboard atau papan sirkuit merupakan suatu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai komponen input, yaitu perangkat yang berfungsi sebagai alat untuk menginputkan data berupa huruf, angka atau simbol dan menyampaikannya ke CPU (Central Processing Unit) untuk diubah menjadi sinyal digital yang dipahami oleh Processor.

10. Mouse
Mouse adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai komponen input, yaitu menerima inputan yang diberikan oleh pengguna. Disebut sebagai Mouse atau tikus dikarenakan bentuk fisiknya menyerupai seekor tikus. Mouse berfungsi untuk membuka aplikasi atau program dalam komputer dan dilengkapi tombol scroll sensor untuk menaikkan atau menurunkan kursor.

11. Optical Drive
Optical drive atau biasa dikenal dengan CD/DVD adalah perangkat keras yang berfungsi sama dengan hard disk atau flashdisk yaitu sebagai media penyimpanan. 

Jenis optical drive terdiri dari:

1). CD-ROM (Compact Disk – Read Only Memory) merupakan suatu alat dapat digunakan sebatas membaca CD. 

2). CD-RW (Compact Disk – Rewritable) adalah alat yang dapat melakukan dua fungsi, yakni membaca CD dan menulis CD. 

3). DVD ROM (Digital Video Disk – Read Only Memory) yaitu alat yang dapat membaca CD dan DVD.

4). DVD Combo yaitu alat yang dapat membaca CD dan DVD dan juga dapat menulis CD, namun tidak dapat menulis DVD. 

5). DVD RW yaitu alat yang memiliki fungsi komplit, dapat membaca keping CD dan DVD dan mampu untuk menyimpan atau menulis keping CD dan DVD.

12. Power Supply

Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mensuplai daya/tegangan kedalam komponen komputer. Daya tersebut disuplai menuju motherboard, harddisk, heatsink dan komponen lainnya. power supply juga berfungsi untuk mengubah tegangan arus AC menjadi DC. Adapun jenis power supply, yaitu Power supply AT dan Power supply ATX.

13. LAN Card
LAN Card atau sering dikenal dengan NIC (Network Interface Card), Ethernet Card atau kartu jaringan. LAN card perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan, terutama dalam jaringan area LAN. 
LAN card memiliki dua jenis yaitu LAN Card Kabel dan LAN Card Wireless. Jaringan LAN berfungsi komputer berfungsi untuk menghubungkan jaringan pada suatu gedung rumah , satu gedung kantor ke gedung yang lain. 

14. WLAN Card
WLAN Card atau Wireless LAN Card biasa disebut sebagai WiFi Adapter yang merupakan perangkat komputer yang berfungsi berhubungan dengan jaringan sama seperti LAN Card. Yaitu menghubungkan komputer dengan akses jaringan. Wireless Card memungkinkan komputer terhubung ke jaringan tanpa menggunakan kabel. Wireless Card ini dapat menerima sinyal yang berasal dari perangkat jaringan. 

15. Sound Card
Sound Card adalah perangkat keras yang berfungsi untuk kebutuhan audio dan suara dalam komputer. Suara yang berasal dari komputer menggunakan headset atau speaker merupakan suara yang telah diolah oleh Sound Card. 

16. Printer
Printer adalah perangkat keras (hardware) yang berperan sebagai komponen output. Perangkat ini berfungsi untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berbentuk kertas, gambar ataupun grafik. Printer biasanya sering kita gunakan untuk kepentingan mencetak dokumen. 

17. Scanner
Scanner merupakan komponen input yang digunakan sebagai pemindai atau menduplikat dokumen atau objek secara digital dan disimpan kedalam komputer. 

18. Speaker
Speaker adalah perangkat keras atau komponen output yang berfungsi untuk menghasilkan berupa suara atau audio.














Sumber gambar: https://pixabay.com/id/