Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Negative Sentence dan Bagaimana Contohnya?

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai negative sentence dalam bahasa Inggris secara lengkap, berikut contohnya. Lebih jauh mengenai negative sentence, silahkan baca artikel ini hingga selesai.

Ketika belajar Bahasa Inggris kita akan belajar pula bagaimaan membuat satu kalimat atau sentence utuh yang terdiri dari beberapa kata atau frasa. Ada banyak kategori kalimat atau sentence dalam Bahasa Inggris, seperti kalimat positif atau positive sentence dan kalimat negatif atau negative sentence.

Banyak yang belum memahami dan berakhir kebingungan ketika hendak membuat kalimat negatif dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu dalam artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian negative sentence dan bagaimana contohnya.

Apa Itu Negative Sentence
Negative sentence adalah kalimat yang bersifat menentang atau menegasikan bentuk asli dari kalimat itu sendiri. Karena sifatnya yang bertentangan, maka dalam setiap kalimat negatif selalu ada unsur ‘tidak’ atau ‘not’ dalam kalimatnya.

Kalimat negatif ini dapat digunakan dalam seluruh struktur tenses dalam Bahasa Inggris. Baik dalam present tense atau yang terjadi di masa sekarang, past tense yang artinya terjadi di masa lampau, hingga future tense dan past future tense.

Macam Macam Penggunaan Kalimat Negatif
Kalimat negatif selalu memiliki unsur ‘not’atau yang berarti ‘tidak’ untuk menegasikan sebuah pernyataan.
Namun untuk penggunaannya tentu kadang ada yang berdiri sendiri, ada juga yang digabung dengan auxiliary verb atau kata bantu lainnya. Sehingga butuh mempeljari bagaimana penggabungan kata ‘not’ dengan berbagai kata bantu yang bermacam macam.

1. Verbal sentences + not

Kalimat verbal merupakan kalimat yang mengandung kata kerja. Sehingga ketika kalimat verbal dalam bentuk negatif akan menyatakan bahwa pekerjaan tersebut tidak dilakukan.

Untuk membentuk kalimat negatif dari verbal sentences adalah dengan menambahkan kata ‘do not’, ‘does not’, dan ‘did not’ sebelum verb atau kata kerja. Untuk lebih jelas, contohnya penggunaanya dalam kalimat negatif adalah sebagai berikut:
a. I do not go to school in this morning
b. She does not eat fried chicken anymore
c. Andrew did not like durian, but now he does

2. Nominal Sentence + not

Kalimat nominal merupakan kebalikan dari kalimat verbal, dimana kalimat ini tidak terdapat kata kerja di dalamnya. Sebagai gantinya, nominal sentence akan menggunakan auxiliary verb ‘to be’. ‘to be’ ini memiliki lima jenis yaitu is, am, are, was, dan were.

Untuk mengubah kalimat nominal menjadi negatif sangat mudah. Kamu tinggal menambahkan kata not setelah be (is, am, are, was, were). Untuk contoh negative sentence sebagai berikut:
a. Felix is not the employee of this company anymore
b. I am not poor boy anymore
c. We are not your servant
d. She was not beaten by me
e. The were not at home last night

3. Modal Auxiliaries verbs + Not

Modal Auxiliary verb merupakan kata kerja bantu yang berfungsi mempertegas atau memodifikasi makna dari kata kerja utama.

Kata-kata yang termasuk dalam modal verbs adalah can, could, shall, should, will, would, may, might, must. Kalimat negatif dengan modal verbs dibuat dengan menambahkan kata ‘not’ setelah modal verbs tersebut. Sehingga menjadi seperti contoh berikut:
a. I can not live without you
b. She could not finish her homework
c. We shall not surrender
d. They will not swim tomorrow
e. We would not have been late
f. He may not be perfect
g. Johnny might not make it
h. We must not throw trash overboard

4. Never dan neither

Kata ‘never’ dan ‘neither’ juga dapat memberikan pernyataan bahwa kalimat tersebut berbentuk negatif. Never yang berarti tidak pernah dan neither yang berarti menolak semua diantara dua kemungkinan. Contoh kalimat negative dengan kedua kata ini adalah:
a. I never meant to break your heart
b. I neither like tea nor coffee
5. Contraction atau penyingkatan kata

Penyingkatan kata dalam kalimat negatif seringkali digunakan ketika speaking atau dalam suasana non formal. Contohnya:
a. I don’t like Monday
b. we aren't going to the park it's raining
c. She can't afford to buy the car
d. Since that incident, you haven’t call me again
e. Mark didn’t commit the mistake
f. We aren’t lovers, we are just friends
g. They won't come to your party
h. He couldn't get to sleep last night


Itulah pengertian dari negative sentence beserta dengan contoh dari masing-masing jenisnya. Kamu bisa mempelajarinya lebih dalam untuk semakin memahami bagaimana membuat dan menggunakan kalimat negatif. Selamat belajar!



Sumber gambar: pixabay