Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mobilitas Sosial: Pengertian, Bentuk, dan Contohnya

Pengertian Mobilitas sosial
Mobilitas sosial merupakan perpindahan posisi/status sosial yang dimiliki oleh individu atau kelompok dari status sosial satu ke status sosial yang lain dalam masyarakat. Hasil dari perpindahan status sosial tersebut bisa menjadi lebih tinggi, lebih rendah, atau bahkan sama/sederajat.

Bentuk-bentuk mobilitas sosial

1. Mobilitas Sosial Vertikal

Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan status sosial yang dimiliki oleh individu atau kelompok ke dalam status sosial lain yang tidak sama/sederajat dari status sebelumnya.

Mobilitas sosial vertikal dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
1).  Mobilitas sosial vertikal ke atas (social climbing) adalah perpindahan status sosial kearah yang lebih tinggi (naik).  Contohnya, Seorang karyawan yang bekerja dengan giat, berprestasi baik, yang kemudian diangkat menjadi manajer di perusahaan tersebut. 

2). Mobilitas sosial vertikal ke bawah (social sinking) adalah perpindahan status sosial kearah yang lebih rendah (turun). Contohnya, dari seorang pejabat misalnya bupati, karena sudah waktunya pensiun ia pun sudah tidak bekerja lagi dan menjadi masyarakat biasa. 



2. Mobilitas Sosial Horizontal

Mobilitas horizontal, adalah perpindahan posisi/status sosial individu atau kelompok yang tidak akan mengubah status sosialnya atau akan tetap sama/sejajar seperti sebelumnya. Contohnya, seorang dokter yang bekerja di salah satu rumah sakit di Jakarta yang kemudian diharuskan pindah tugas ke rumah sakit di desa. Pada masalah ini, dokter itu mengalami mobilitas horizontal, yaitu berupa perpindahan tempat kerja, namun, tetap tidak mengubah status sosialnya sebagai seorang dokter. 


3. Mobilitas Sosial Antargenerasi

Mobilitas sosial antargenerasi adalah perpindahan posisi/status sosial yang terjadi antara dua generasi atau lebih didalam satu keturunan. Perpindahan yang terjadi bisa naik-turun (vertikal) ataupun sejajar (horizontal).

Contoh mobilitas antargenerasi Vertikal (dari bawah ke atas), yaitu seorang bupati yang mulanya lahir dari orang tua yang berprofesi sebagai guru, sementara kakek dan neneknya berprofesi sebagai petani di desa.


4. Mobilitas Sosial Intragenerasi

Mobilitas sosial intragenerasi, adalah perpindahan posisi/status sosial yang terjadi didalam satu generasi yang sama. Perpindahan yang terjadi bisa naik-turun (vertikal) ataupun sejajar (horizontal).

Contoh mobilitas intragenerasi horizontal, yaitu ketika orang tua yang berprofesi sebagai guru dan anaknya juga berprofesi sebagai guru dan memiliki kedudukan yang sama/sejajar