Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Aturan penggunaan in on dan at

Penggunaan in, on dan at dalam waktu

In digunakan untuk penanda waktu dalam hari, bulan, tahun, abad dan periode yang panjang. 

Contoh: In Indonesia, it starts raining in July (di Indonesia, mulai hujan pada bulan juli.)

Note: preposisi ini juga digunakan pada expression yang memang sejak awal cara penggunaannya seperti: In the morning, in the afternoon, in the evening.

On digunakan untuk menunjukkan waktu yang lebih spesifik dari pada In yaitu menunjukkan hari dan tanggal.

Contoh: On monday, on 07 December, on weekend, on independence day, dan lain sebagainya. 

Note: Preposisi on juga mempunyai common expression yang memang selalu menggunakan on, seperti: On sunday morning, on Sunday afternoon, on Sunday evening.

At digunakan untuk menunjukkan waktu yang sangat spesifik atau digunakan untuk menunjukkan a precious time atau waktu yang tepat.

Contoh:  at 07 o’clock,  at sunrise, at midnight, dan lain sebagainya. 

Note: Seperti in dan on, preposition at juga memiliki common expression, seperti: at night, at present.


Pengunaan in, on dan at dalam transportasi:

In digunakan jika transportasinya tidak cukup luas (sempit) dan tidak bisa menampung banyak orang. contohnya seperti transportasi pribadi yaitu: car (mobil), taxi (taksi) dan boat (kapal yang hanya bisa menampung beberapa orang misalnya kapal untuk memancing). Sehingga kalian bisa menggunakan in, misalnya in a car, in a taxi and in boat.

On merupakan kebalikan dari in jika in bermakna sempit maka on digunakan jika transportasinya cukup luas, transportasi umum dan dapat menampung banyak orang. Contohnya seperti train (kereta), bus (bis), plane (pesawat) dan boat (kapal besar yang bisa menampung banyak orang). Sehingga kalian bisa menggunakan On train, on bus, ect.

At (tidak ada)

Penggunaan in, on dan at dalam posisi:

In digunakan jika tempat tersebut memiliki ruang. Contohnya in the room (didalam sebuah ruangan), in the bag (didalam tas).

On hanya boleh digunakan jika benda itu diletakkan diatas sebuah permukaan. Contohnya on the table (diatas meja), on the floor (diatas lantai), and on YouTube.

At digunakan jika merupakan spesifik position (posisi spesifik). Contohnya at the office ( di kantor).

Penggunaan in, on dan at dalam tempat:

In (bermakna luas)digunakan untuk menyebutkan kota, negara, benua. Contohnya In Jakarta (kota), in Indonesian (negara), In an apartemen, in a house.

On (bermakna agak spesifik) digunakan jika lokasi tersebut berhubungan dengan jalan. Contohnya on Gusti Ngurah Rai street, on the 3 floor.

At (bermakna sangat spesifik atau sudah jelas lokasinya). Contohnya at Gusti Ngurah Rai street. 13 Jakarta.


Itulah penjelasan mengenai penggunaan in, on dan at dalam transportasi, posisi, dan tempat. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian dalam pembelajaran bahasa inggris. Good luck!