Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Sistem Gerak Manusia : Fungsi Tulang, Otot, dan Sendi Manusia

Berbincang mengenai materi biologi tentang sistem gerak manusia, pada pembahasan kali ini kita akan mengenal lebih banyak mengenai fungsi tulang, otot, dan sendi manusia.

Yup, benar sekali sistem gerak manusia terdiri dari otot, tulang (rangka) dan sendiri yang saling bekerja sama untuk membantu manusia agar dapat bergerak. Agar lebih paham, yuk simak pembahasan mengenai alat gerak manusia dan fungsinya ini hingga habis.

Berikut merupakan penjelasan dan fungsi dari tulang, otot, dan sendi pada manusia.

Tulang atau Rangka
Rangka atau tulang berfungsi untuk menguatkan dan menegakkan tubuh, memberi bentuk organ atau tubuh manusia, tempat melekatnya otot, serta untuk melindungi organ dalam. Otot juga termasuk alat gerak pasif dalam pergerakan manusia. Rangka pada manusia terbagi menjadi:

1. Rangka Kepala (Tengkorak), berfungsi melindungi otak manusia;
2. Rangka badan meliputi tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul;
3. Rangka anggota gerak berbentuk pipa, beruas, dan berfungsi untuk mendukung pergerakan manusia. Rangka angota gerak terdiri dari tulang anggota gerak atas dan tulang anggota gerak bawah.

Otot
Otot merupakan jaringan yang terdapat di tubuh manusia dimana sebagai alat gerak aktif agar dapat membantu tulang melakukan pergerakan. Otot memiliki tiga jenis sifat yakni kontraktilitas, ekstensibilitas, dan elastisitas. Berikut merupakan macam-macam otot pada manusia:

1. Otot Polos merupakan jaringan yang terbentuk oleh sel otot berbentuk gelondong dengan ujung yang meruncing. Otot polos biasanya berada pada saluran pencernaan yang berfungsi membantu perjalanan makanan, kemudian pada kandung kemih berfungsi membantu menahan dan melepaskan urin, dan sebagainya;
2. Otot jantung merupakan otot yang terdapat pada dinding jantung. Otot jantung ini memiliki peran penting untuk membantu jantung dalam memompa darah keluar dari jantung menuju seluruh tubuh;
3. Otot lurik atau otot rangka melekat pada rangka yang terlihat garis gelap terang pada serabut ototnya. Otot rangka ini berfungsi membantu pergerakan dari tulang gerak pada manusia. Dengan kata lain, berfungsi menggerakkan bagian pada tulang agar dapat lebih dekat satu sama lain sehingga dapat memicu pergerakan.

Sendi
Sendi merupakan penghubung antartulang sehingga dapat membuat tulang mampu digerakkan. Sendi ini menjadi perantara tulang satu dengan lainnya sehingga tulang dapat menyatu. Adapun fungsi sendiri yakni agar membantu tubuh untuk bergerak dengan bebas sesuai keinginan manusia.

Dengan demikian, fungsi utama sendi adalah sebagai penghubung dan penggerak tulang manusia. Tanpa adanya sendi maka tulang dan tubuh tidak mampu bergerak dengan bebas. Penunjang persendian sendiri terdiri dari kapsula sendi, ligamen, tulang rawan hialin dan cairan sinoval.

Berdasarkan sifat pergerakkanya, macam-macam sendi antara lain:

1. Sendi mati (sinartosis), merupakan sendi yang tidak memiliki celah sehingga tidak memungkinkan terjadinya gerakan. Contohnya adalah sendi pada antartulang di tengkorak;
2. Sendi gerak (diartosis), merupakan sendi yang dapat digerakkan sehingga sering disebut sebagai sendi gerak. Contoh sendi gerak ini ialah sendi engsel, sendi peluru, sendi putar, sendi geser, dan sendi pelana;
3. Sendi kaku (amfiartrosis), merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan secara terbatas. Contohnya sendi pada pergelangan tangan, sendi pada pergelangan kaki, serta sendi yang terdapat pada tulang dada.

Demikian, pembahasan mengenai fungsi tulang, otot, dan sendi manusia. Jadi, kalian sudah mengerti bukan apabila fungsi sistem gerak pada manusia itu sangat penting bagi manusia untuk dapat beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, tetap jaga kesehatan agar fungsi alat gerak manusia tetap mampu berfungsi normal ya guys!


Sumber gambar: pixabay