Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perubahan Sosial: Pengertian dan Faktor Penyebabnya

Pengertian Perubahan Sosial

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat yang dapat memengaruhi sistem sosial masyarakatnya, seperti nilai, sikap, dan pola perilaku antar kelompok dalam masyarakat.

Faktor-faktor Penyebab Perubahan Sosial

1. Penemuan-penemuan baru
Penemuan baru akan memengaruhi perubahan dalam masyarakat. Misalnya penemuan smartphone, menimbulkan sikap individual bagi masyarakat yang tidak mampu mengatasi hal negatif dari penemuan tersebut. Namun, akan sangat bermanfaat sebagai alat komunikasi yang lebih canggih karena dapat menampilkan wajah orang yang ingin kita hubungi (video call).

2. Perubahan lingkungan fisik
Perubahan lingkungan bisa disebabkan karena terjadinya bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tsunami, dan sebagainya. Kondisi ini akan membuat manusia berpindah tempat dari satu ke yang lainnya. Di tempat yang barunya, akan terjadi perubahan sosial dari berbagai sisi.

3. Perubahan lembaga sosial/Perubahan penduduk
Dalam masyarakat, pasti akan terjadi proses interaksi sosial ataupun sosialisasi. Kondisi ini akan mengubah pola pikir masyarakat yang akan menimbulkan terjadinya perubahan sosial.

Perubahan sosial seperti yang ditandai dengan bertambahnya jumlah penduduk akan berakibat pada struktur kelembagaan yang menjadi lebih rumit, dan menimbulkan bentuk-bentuk perubahan yang lainnya.


4. Pemberontakan atau revolusi 
Pemberontakan atau revolusi dapat memicu terjadinya perubahan dalam kehidupan masyarakat di suatu negara.

Pemberontakan terjadi karena adanya tindakan sewenang-wenang dari pihak penguasa sehingga menyebabkan terjadinya pertentangan seperti penolakan terhadap otoritas yang berkuasa pada suatu wilayah tersebut.


5. Konflik sosial
Konflik di antar individu atau kelompok dalam masyarakat juga bisa menyebabkan terjadinya perubahan sosial. Contohnya, pertentangan karena adanya perbedaan pendapat dalam masyarakat.

6. Pengaruh kebudayaan lain
Masuknya pengaruh budaya asing melalui media massa seperti gaya berpakaian yang bersifat kebarat-baratan, akan  memengaruhi kebudayaan masyarakat lokal. Proses ini bisa memicu terjadinya perubahan sosial di dalam masyarakat.

7. Peperangan
Sama seperti pemberontakan, peperangan juga dapat menimbulkan terjadinya perubahan sosial karena negara yang berhasil menang dalam peperangan akan mempengaruhi pihak lawan untuk menerima kebijakan-kebijakan baru dari pemerintahan pemenang peperangan tersebut. 






Sumber gambar: Pixabay