Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Look, See, dan Watch

Perbedaan Look, see, dan watch
Hi guys, pada materi kali ini kita akan belajar mengenai perbedaan pada penggunaan kata look, see, dan watch. Sebenarnya apa sih perbedaan antara look, see, dan watch padahal memiliki arti yang sama yaitu melihat? dan mungkin banyak diantara kalian yang masih belum mengetahui perbedaannya nih. Ketiga kata kerja ini, meskipun sama-sama berhubungan dengan penglihatan, namun digunakan pada konteks yang berbeda.  Oke langsung simak aja ya. Selamat belajar!

Perbedaan penggunaan look, see, dan watch.
1. Penggunaan look

Look artinya melihat atau mengarahkan pandangan pada suatu hal dengan sengaja. Kata look biasanya diikuti oleh preposition "at" . Ketika kita menggunakan kata look atau sedang melihat sesuatu, itu berarti kita berkonsentrasi dan berfokus pada hal yang kita lihat tersebut.

Contoh:
- Look at my picture (Lihatlah gambarku)
- Look at my family photo (Lihatlah foto keluargaku)
- Tina looks at the mirror (Tina melihat ke cermin)
-Look! It’s raining outside (Lihatlah! Di luar sedang hujan).

2. Penggunaan see

See artinya melihat sesuatu dengan tidak sengaja. Dalam artian bahwa kalian sempat melihat sesuatu tanpa mengindikasikan bahwa Anda sengaja melihatnya. Misalnya berpapasan dengan seseorang dan tanpa sengaja melihatnya.

Contoh:
Catatan: v1:see, v2:saw, v3:seen.
- I saw your boyfriend with another woman at the coffee shop. (Aku tidak sengaja melihat pacarmu dengan wanita lain di kedai kopi). 
- I saw Rini at the salon last week. (Saya tidak sengaja melihat Rini di salon minggu lalu).


3. Penggunaan watch

watch artinya melihat (menonton) yang digunakan ketika ada pergerakan pada hal yang sedang kita perhatikan dan biasanya dalam jangka waktu yang panjang.
Contoh: 
- I watch television every night. (Saya melihat (menonton) televisi setiap malam).
- I watch movies every day on my smartphone. ( saya melihat (menonton) film setiap hari di smartphone).


Nah, Itu dia penjelasan mengenai perbedaan antara ketiga kosakata see, look, dan watch.  Semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam pembelajaran bahasa Inggris kalian ya! Good luck.